Rabu, 14 Mei 2014

Obat Ketombe Alami

Ketombe (Pityriasis Capitis) pada dasarnya adalah pengelupasan sel-sel kulit mati secara berlebihan yang terjadi di kulit kepala. Bila pengelupasannya masih dalam jumlah yang sedikit, belum bisa dianggap ketombe karena kondisi tersebut biasa terjadi dan wajar. Namun untuk beberapa kasus, ketombe yang terjadi bukan sekedar pengelupasan sel kulit mati, tetapi juga diikuti dengan iritasi. Pada kondisi ini, penderita sebaiknya segera melakukan pengobatan. Ada beberapa cara untuk mengobati ketombe, diantaranya dengan menggunakan shampoo khusus ketombe. Sayangnya, cara ini tidak selalu berhasil. Setiap orang biasanya mendapatkan hasil yang berbeda-beda dengan cara tersebut. Sementara untuk cara lain, bisa dengan penggunaan obat alami. Cara kedua ini hasilnya memang tidak instant, namun demikian, dengan menggunakan obat ketombe alami, dipercaya hasilnya bisa lebih bagus dalam jangka waktu lama. Selain itu, efek sampingnya juga lebih kecil dibanding dengan obat atau shampoo khusus ketombe.


Selain akibat pengelupasan sel kulit, ketombe juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor berikut ini:

1. Keringat.
Orang yang aktif beraktifitas biasanya mengeluarkan keringat lebih banyak, termasuk di area kepala. Jika orang tersebut tidak rajin berkeramas, ketombe bisa muncul dengan mudah karena faktor tadi.

2. Jamur
Banyak sumber mengatakan bahwa ketombe bisa juga disebabkan oleh jamur kulit.

3. Kulit Berminyak.
Orang yang memiliki kulit berminyak tidak hanya mudah terkena jerawat, tetapi juga cenderung lebih mudah terkena ketombe.

4. Faktor Lain (Jarang keramas, cuaca, stress, gangguan hormon dll)
Setelah mengetahui apa saja penyebab ketombe, sekarang giliran kita membahas apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan sebagai obat ketombe alami, dan berikut ini penjelasannya:

1. Garam
Ambil garam halus secukupnya, lalu gunakan garam tersebut layaknya shampoo. Rasanya memang agak perih. Setelah 3 – 5 menit, bilaslah rambut anda menggunakan shampoo kesayangan.

2. Jeruk Nipis
Ambil perasan air jeruk nipis kira-kira 2 sendok makan lalu siramkan ke rambut anda. Gunakan air jeruk tadi tadi sampai merata. Setelah 3 menit, bilaslah rambut anda dengan air. Cara ini cukup efektif jika digunakan secara teratur.

3. Santan Kelapa
Ambil santan kelapa asli 1 gelas lalu campur dengan perasan air jeruk nipis. Setelah diaduk sampai merata, gunakan ramuan tersebut untuk mencuci rambut anda 3-5 kali sehari. Setiap kali anda mencuci rambut dengan ramuan tradisional ini, jangan lupa untuk membilasnya dengan shampoo setelah selesai.

Selain 3 bahan diatas, sebenarnya masih ada beberapa bahan lain yang bisa dipakai sebagai obat ketombe alami, diantaranya cuka dan soda. Namun, kami hanya membahas 3 bahan diatas karena bahan-bahan tersebut dianggap sebagai obat ketombe tradisional yang paling manjur dan paling mujarab dewasa ini.

Sebelum pamit, ijinkan kami untuk mengingatkan bahwa obat ketombe alami diatas akan memberikan efek positif jika dipakai secara rutin. Jika anda tidak bisa melakukannya, sebaiknya anda segera konsultasi ke dokter kesayangan untuk mendapatkan resep yang ampuh.

Wassalam dan sampai jumpa.

Sumber: obatradisional.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar