Minggu, 07 April 2013

Gedung Kembar dengan Tiga Turbin Angin

Mungkinkah membangun gedung yang mampu menghasilkan listrik sendiri untuk kebutuhannya? Tentu saja mungkin. Tetapi kebanyakan barangkali membayangkan gedung itu dipenuhi solar sel seluruh permukaannya untuk mengubah tenaga sinar matahari menjadi tenaga listrik. Tetapi gedung The Bahrain World Trade Center justru menggunakan turbin angin.

Bahrain WTC dibangun sebagai dua gedung kembar yang tingginya masing-masing 240 meter. Gedung ini berlokasi di Manama, Bahrain. Yang menarik, di antara kedua gedung itu dibangun tiga jembatan berurutan dari atas ke bawah. Di masing-masing jembatan itu terdapat turbin angin dengan diameter 29 meter.

Dengan diameter selebar itu bisa dibayangkan besarnya baling-baling turbin itu. Dari tiga turbin tersebut bisa dihasilkan tenaga listrik sebesar 675 kW (masing-masing turbin menghasilkan 225 kW). Namun itu belum memenuhi kebutuhan keseluruhan gedung tersebut. Dengan kebutuhan listrik 1,1 hingga 1,3 GWh setahun ketiga turbin itu hanya mampu menghasilkan 11-15% kebutuhan Bahrain WTC.

Meski begitu gedung yang dirancang perusahaan arsitektur Atkins ini sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan, seperti The 2006 LEAF Award for Best Use of Technology within a Large Scheme dan  The Arab Construction World for Sustainable Design Award.

Gedung tersebut dibangun sejak tahun 2004 dan mulai beroperasi tahun 2008. Sedangkan turbinnya sendiri baru beroperasi 8 April 2008, atau tepat lima tahun lalu.

Sumber :  http://www.andriewongso.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar