Senin, 08 April 2013

☼☼☼ Hikmah :: Oase Imani :: Teruslah Bersyukur ☼☼☼

“Jika kamu bersyukur, maka akan Aku tambah nikmat-ku kepadamu.” (QS. Ibrahim : 7 )
Ketika Anda sedang libur, sesekali bertamasyalah. Bukan ke taman, bukan ke pantai, bukan pula ke kebun binatang. Tapi ke rumah sakit. Anda juga bisa mengajak keluarga. Lihatlah setiap bilik yang ada disana. Anda akan mendapati orang-orang terbaring tak berdaya diatas ranjang-ranjang yang tersedia. Keadaan mereka bermacam-macam. Sakit yang mereka alami beraneka ragam.

Kemudian berhentilah sejenak. Tataplah baik-baik diri Anda. Badan Anda yang sehat, tubuh Anda yang segar bugar, fisik Anda yang sempurna, semua itu adalah nikmat yang sangat besar dari Tuhan. Maka dari itu, teruslah bersyukur.
Jika Anda memiliki waktu luang, maka keluarlah menyisir kota atau menyusuri pelosok-pelosok, bisa dengan kendaraan pribadi Anda sendiri, atau angkutan umum, bisa juga dengan jalan kaki. Bukan hanya sekedar berjalan tanpa tujuan, namun untuk merasakan lebih dekat nikmat-nikmat Tuhan yang telah dilimpahkan kepada kita.

Lihatlah anak-anak kecil yang digendong orang tuanya, meminta-minta di setiap pemberhentian lampu merah. Lihatlah orang-orang paruh baya yang menggelar koran di trotoar atau jembatan penyeberangan, menunggu jatuhnya recehan-recehan dari tangan-tangan para dermawan. Lihatlah rumah-rumah ’imut’ dan sangat sederhana yang ada di pinggiran rel atau dibawah jembatan. Masih ada senyum dan canda di wajah mereka.

Kemudian lihatlah diri Anda. Anda masih punya kendaraan, bahkan mewah. Anda masih memiliki rumah yang indah dengan pekarangan yang asri, atau masih mampu mengontrak rumah. Anak-anak Anda masih bisa menikmati pendidikan dengan baik. Anda lebih wajib untuk bersyukur.

Maka dari itu, jangan hanya gara-gara gagal usaha Anda kemudian Anda putus asa lalu berhenti melafadhkan kalimat-kalimat ’Tahmid’. Karena sesungguhnya nominal kegagalan Anda belum ada seberapa jika dibandingkan dengan nikmat Tuhan lain yang masih Anda miliki.

Jangan berhenti bersyukur lantaran apa yang Anda harapkan tidak terwujud. Karena Tuhan tidak pernah mengorupsi jatah rizki Anda di dunia. Pandai-pandailah bersyukur, lantaran Allah akan selalu menambahkan karuania-Nya kepada para hamba-Nya yang mau mensyukuri pemberian-Nya.***

Sumber :  http://www.cahayasiroh.com