Seikan Tunnel, yang menghubungkan pulau Honshu dan Hokkaido,
masih menjadi terowongan bawah laut terpanjang di dunia. Terowongan
jalan kereta yang hari ini tepat berusia 25 tahun itu juga merupakan
terowongan bawah tanah terdalam diukur dari permukaan laut (240 meter di
bawah permukaan laut dan 140 meter di bawah dasar laut).
Meski begitu dalam hal panjang bagian terowongan yang tepat berada di
dasar laut menjadi yang kedua karena dengan panjang 23,3 km di dasar
laut masih lebih pendek dari Channel Tunnel yang menghubungkan
Folkestone (Inggris) dengan Calais (Prancis) yang sepanjang 37,8 km
berada di bawah laut. Secara keseluruhan Seikan Tunnel panjangnya 53,85
km sedangkan Channel Tunnel sepanjang 50,5 km.
Namun posisi Seikan Tunnel sebagai jembatan terpanjang di dunia akan
terpatahkan jika kelak Gotthard Base Tunnel di Swiss diresmikan yang
rencananya tahun 2017. Gotthard Base Tunnel panjangnya 57,1 km.
Ide membuat terowongan bawah laut itu sudah muncul sejak Zaman Taisho
(1912-1925). Tetapi survey seriusnya dimulai tahun 1946 setelah Jepang
kalah di Perang Dunia Kedua. Pada tahun 1954 lima feri yang menjadi
sarana angkutan yang menghubungkan Honshu dan Hokkaido karam setelah
diterjang angin topan menewaskan 1.430 orang. Kecelakaan itu makin
menyimpulkan bahwa solusi terbaik adalah dengan membangun terowongan
bawah laut.
Kebutuhan itu makin mendesak setelah ekonomi Jepang booming.
Pada kisaran tahun 1955 sampai 1965 transfortasi antara kedua pulau itu
meningkat tajam. Setiap tahunnya feri yang melayani perlintasan itu
mengangkut 4 jutaan orang dan angkutan kargo meningkat hampir dua kali
lipat menjadi 6,2 juta ton setahun.
Akhirnya pada 27 Januari 1983 Perdana Menteri Jepang Yasuhiro Nakasone
mengumumkan rencana komplet pembuatan terowongan itu. Dan pada 10 Maret
1983, Menteri Transportasi Tokuo Yamashita secara simbolis membuat
lubang tanda dimulainya pembangunan terowongan itu dan pada 13 Maret
1988 Seikan Tunnel diresmikan dengan menghabiskan biaya US$3,6 miliar.
Sumber : http://www.andriewongso.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar